PENINGKATAN MUTU BAHAN AJAR ONLINE UNTUK GURU-GURU MI/MTS AL-WATONIYAH
Main Article Content
Abstract
Setiap Perguruan Tinggi diwajibkan melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Tridharma perguruan tinggi ini adalah Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan per semester, hal ini dilaksanakan berkaitan dengan kepedulian yang bergerak di bidang Pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi. Keterampilan komputer merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam berbagai pekerjaan khususnya dibidang multimedia. Bidang multimedia yang disampaikan pada pengabdian masyarakat ini antara lain: video editing dengan filmora, penggunaan whiteboard animation kontent kreatif, mengelola presentasi dengan power point, tools untuk pengajaran. Bidang keterampilan ini dibutuhkan untuk peningkatan kualitas bahan ajar online bagi guru-guru MI/MTs Al-Watoniyah. Adanya pelatihan multimedia ini diharapkan bertambahnya variasi keterampilan untuk menyampaikan materi pengajaran kepada siswa-siswa MI/MTs Al-Watoniyah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
S. Jiang, J. Shen, B. E. Smith, and K. W. Kibler, “Science identity development: how multimodal composition mediates student role-taking as scientist in a media-rich learning environment,” Educ. Technol. Res. Dev., vol. 68, no. 6, 2020, doi: 10.1007/s11423-020-09816-y.
F. Ismawan, R. Prasetya, and H. Setiawan, “Pemanfaatan Aplikasi Macromedia Flash Dan Aplikasi Office Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Animasi Guru HIMPAUDI Kecamatan Cilodong Depok,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 6, 2022, doi: 10.30998/jurnalpkm.v4i6.11064.
E. Hitches, S. Woodcock, and J. Ehrich, “Building self-efficacy without letting stress knock it down: Stress and academic self-efficacy of university students,” Int. J. Educ. Res. Open, vol. 3, 2022, doi: 10.1016/j.ijedro.2022.100124.
E. Swanzy-Impraim, J. E. Morris, G. W. Lummis, and A. Jones, “Creativity and initial teacher education: Reflections of secondary visual arts teachers in Ghana,” Soc. Sci. Humanit. Open, vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.1016/j.ssaho.2022.100385.
C. M. Schwenck and J. D. Pryor, “Student perspectives on camera usage to engage and connect in foundational education classes: It’s time to turn your cameras on,” Int. J. Educ. Res. Open, vol. 2, 2021, doi: 10.1016/j.ijedro.2021.100079.
A. Sulhan and L. Hakim, “Emancipating Islamic Education Management through Good-Quality Santri Character Cultures: Insights from Indonesia,” Eurasian J. Educ. Res., vol. 2023, no. 103, 2023, doi: 10.14689/ejer.2023.103.012.