UMKM Go Digital
Main Article Content
Abstract
Pandemi COVID-19 berdampak signifikan pada sektor pariwisata, perdagangan, industri, serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Dampaknya terlihat dari banyaknya PHK di berbagai perusahaan, penutupan usaha, dan dirumahkannya karyawan. UMKM juga mengalami kendala operasional, dengan penurunan jumlah konsumen yang berbelanja langsung. Sebanyak 39,9% UMKM harus mengurangi stok barang, sementara 16,1% lainnya memilih untuk mengurangi karyawan atau menutup usaha. Perubahan ini mempengaruhi pola belanja masyarakat serta menurunkan daya beli. Untuk bertahan di tengah pandemi, para pelaku UMKM perlu menguasai keterampilan digital. Dalam upaya mendukung kemampuan ini, tim abdimas sistem informasi menyelenggarakan program pengabdian masyarakat bagi UMKM MCI Indonesia. Tema utama dari kegiatan ini adalah Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM, dengan fokus pada pemanfaatan teknologi informasi. Program ini bertujuan membantu pelaku UMKM memahami dan menerapkan strategi pemasaran digital, sehingga mereka dapat meningkatkan potensi usaha, pendapatan, dan kesejahteraan secara menyeluruh. Melalui pendampingan ini, diharapkan para pelaku usaha dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan memanfaatkan teknologi untuk memperbaiki taraf hidup mereka serta komunitas di sekitar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Pierre, Meinokat., Ingo, Wagner. (2024). (1) Classroom disruptions in digital teaching during the pandemic – an interview study. Frontiers in Education, doi: 10.3389/feduc.2024.1335249
Albert, Fenteng. (2023). (1) Online Learning: A Cognitive Tool for Learning, an Alternative to Traditional Learning Style. Psychology, doi: 10.4236/psych.2023.145036
Mahmoud, El, Chamie., Behcet, Acikmese., Mehran, Mesbahi. (2017). (5) Online learning for Markov decision processes applied to multi-agent systems. doi: 10.1109/CDC.2017.8263879
Adithya Balachandran & Dr. T. Mahalakshmi, “E-Learning,” International Journal of Advanced Research in Science Communication and Technology, pp. 132–137, Sep. 2023, doi: https://doi.org/10.48175/ijarsct-12924.
Margaret-Mary Sulentic Dowell, “Toward a Working Definition of Digital Literacy,” IGI Global eBooks, pp. 2326–2335, Jan. 2018, doi: https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2255-3.ch202.